Senin, 27 April 2009

Apa Itu Warna Monokromatis?




Kombinasi warna Monokromatis adalah kombinasi warna yang berasal dari satu warna tetapi memiliki value dan intensitas yang berbeda-beda, sehingga terlihat seperti ada gradasi warna. Karena hanya menggunakan satu warna dasar, maka unsur toning sangat penting dalam skema warna monokromatis. Dari segi Value misalnya, kombinasi monokromatis biru bisa terdiri dari warna-warna biru tua, biru laut, biru langit dan biru muda. Sementara dari segi intensitas misalnya, bisa dilihat pada kombinasi warna monokromatis hijau pastel yang lembut atau kombinasi warna monokromatis merah yang cerah dan mengkilat.

Menciptakan ”Mood” Lewat Warna
Jika kita merasa senang dan santai saat berada di sebuah ruangan, itu artinya ruangan tersebut mampu menciptakan suasana hati atau ‘mood’ yang tepat. Tapi, pernahkah kita mengalami “bad mood” saat berada di sebuah ruangan tertentu?
Keterampilan dalam mendekorasi warna ruang adalah salah satu hal penting untuk membangun suasana hati. Jika kita pandai bermain dengan warna, memvisualisasikannya dengan cahaya serta pernak-pernik interior lainnya, maka kita dapat menciptakan suatu ruang yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan emosi kita.

Sebenarnya, pilihan skema warna sangat tergantung pada fungsi ruang dan selera kita sendiri. Pilihan warna-warna monokromatis umumnya bisa menciptakan ruang yang berkesan hangat, elegan, tenang, anggun, dan feminin. Perencanaan skema warna monokromatis haruslah mempertimbangkan intensitas yang sama, termasuk kombinasi gradasi, serta menghadirkan aksen-aksen yang netral. Efek cahaya pun perlu mendapat porsi yang sesuai.

Sebelum menetapkan skema warna, ada baiknya kita menentukan terlebih dulu fungsi tiap-tiap ruang di rumah. Misalnya, ruang keluarga harus menciptakan suasana hangat. Ruang kerja harus membangkitkan konsentrasi dan semangat. Lalu ada ruang inspiratif, atau menghadirkan ketenangan dan rasa rileks saat kita berada di ruang tidur. Ingat, jangan asal memilih warna. Kualitas rumah yang sehat serta hadirnya karakter baik dan buruk sebuah disain ruang sangat tergantung pada pilihan warna yang tepat. erikut karakteristik warna yang dapat dijadikan panduan:
BIRU : Dalam lingkaran warna, biru bernuansa paling “dingin”. Biru juga berasosiasi kuat dengan alam. Tenang, damai, segar, bersih, kooperatif dan dapat dipercaya. Biru cocok digunakan untuk ruang-ruang istirahat dan bersantai. Terinspirasi dari biru langit yang cerah dan luas, biru laut yang tenang dan dalam, blue jeans dan aneka keramik atau porselen seperti “Delft Blau” dari Belanda, maupun keramik atau porselen dari Cina dan Jepang.

HIJAU : Alami, segar, sehat dan hidup. Menambah energi dan menimbulkan rasa optimis. Tenang serta harmonis, membantu menyeimbangkan emosi dan menghilangkan stress. Hijau cocok untuk ruangan-ruangan relaksasi dan meditasi. Terinspirasi dari aneka tanaman, buah-buahan segar seperti apel Malang dan Grany Smith, berbagai sayuran seperti bayam, kangkung, brokoli dan timun, juga keramik Cina Celadon dengan hijaunya yang khas.

UNGU : Sering diasosiasikan dengan warna kerajaan (regal), ningrat dan mewah. Di masa kerajaan–kerajaan Eropa dulu, warna ungu kerap dipakai sebagai sandang serta keperluan interior (tirai, kanopi tempat tidur, penutup tempat tidur) dan bendera atau pataka (kain simbol) kerajaan. Ungu juga berkesan protektif, menggugah inspirasi dan membantu proses penyembuhan.
Bila lebih banyak campuran warna merah, maka kesannya hangat. Ungu merupakan warna sekunder, campuran dari merah dan biru. Ungu kemerahan cocok untuk ruang makan, kamar tidur dan dapur. Bila lebih banyak campuran warna biru, maka berkesan tenang. Ungu kebiruan cocok untuk kamar tidur, ruang keluarga dan ruang kerja. Terinspirasi dari aneka buah (anggur, buni dan plums), sayuran (terong dan bit), bumbu dapur (bawang merah yang sesungguhnya berwarna ungu) dan bunga-bungaan.

MERAH : Hangat bersemangat, penuh gairah hidup, kuat, berani dan mandiri. Terinspirasi dari aneka bunga (mawar, kembang sepatu), sayur-sayuran dan bumbu-bumbu (cabai merah, tomat dan paprika merah), serta buah-buahan (apel, stroberi)

KUNING
: Cerah, gembira, aktif, cerdas, ekspresif dan menarik perhatian. Mengajak orang untuk bergerak dan berinteraksi. Sering dipakai pada tempat bermain anak, dan sekolah untuk anak-anak balita. Terinspirasi dari matahari, musim panas, aneka buah-buahan dan bunga (bunga matahari, krisan), mentega dan margarin, permen dan jelly.

ORANYE : Percaya diri, tidak mudah putus asa dan pemberani. Ceria dan kreatif, karena merupakan warna campuran dari merah yang penuh gairah dan kuning yang cerah. Oranye adalah warna yang terhangat dalam lingkar warna. Cocok diterapkan pada ruang tamu dan ruang makan.Terinspirasi dari sinar matahari pagi dan senja hari, bunga-bungaan (kembang sepatu) dan buah-buahan (jeruk sunkist, markisa).

0 Comments: