Selasa, 28 April 2009

Khasanah Warna Indonesia



Warna muncul di mana-mana. Setiap benda memiliki warna, bahkan warna dimasukkan sebagai bagian dari unsur sebuah desain interior yang sangat penting untuk dapat diolah dan dimainkan dalam menciptakan ragam kesan dan nuansa ruang.
Dalam teori warna disebutkan warna-warna muncul karena faktor spektrum cahaya matahari yang bisa dikenali satu persatu, kemudian diberi nama tertentu. Di negeri kita yang tropis dan memiliki limpahan cahaya matahari yang begitu kuat, serta sinarnya yang terus menerus ada sepanjang tahun, memberikan anugerah begitu besar bagi bumi dan alam Indonesia. Dari cahaya matahari yang kuat itu, kita mengenal begitu banyak warna Indonesia yang muncul dari beragam tumbuhan, buah, bunga serta fauna, dan sebagainya. Selain itu, khazanah budaya tradisional Indonesia juga memiliki beragam warna yang kuat dan cerah. Semua itu tentunya dapat kita jadikan inspirasi bagi penamaan warna-warna khas Indonesia.

Inspirasi nama sebuah warna sudah dikenal cukup lama, namun seringkali kita lebih mengenal nama warna yang dibawa dari luar negeri, seperti blue diamond, navy blue, ocean green, autumn orange, dan sebagainya. Padahal, di Indonesia sendiri kita sudah mengenal beberapa nama warna seperti kuning kunyit, merah bata, hijau daun, kuning padi, dan sebagainya. Nah, di dalam buku ini kita coba menggali kembali ragam nama warna yang diambil dari kekayaan alam Indonesia, dari tumbuhan, bunga, buah-buahan, rempah-rempah dan makanan khas Indonesia, hingga unsur alam dan budaya khas Indonesia tercinta.

0 Comments: